test.

nonton bareng

METRO TV ONLINE

by desain: joencom

Jumat, 18 Juni 2010

Masih Tentang MIDI

Tentang midi

Created by Joencom, 18 juni 2010 07:00

Pada dasarnya, MIDI adalah suatu bahasa musik ang diterima secara umum dalam dunia musik digital. Mudahnya, MIDI adalah bahasa antara sebuah alat musik digital dengan alat musik digital lainnya. Seperti halnya kita sebagai manusia berkomunikasi dengan manusia lain menggunakan habasa Indonesia atau Inggris.
Jika Anda mempunyai dua buah keyboard, sebutlah keyboard A dengan B. Kemudian, Anda menghubungkan kedua perangkat dengan jalur midi. Anda membuat keyboard A menjadi keyboard master, sedangkan keyboard B menjadi slave.
Dengan demikian,saat Anda menekan tuts dikeyboard A, keyboard B pun akan berbunyi. Hal ini dapat menjadi suatu solusi jika anda sudah terbiasa dengan tuts keybord lama, sedangkan Anda ingin membeli sebuah keyboard baru. Anda dapat tetap menggunakan tuts keyboard A (master), sedangkan suaranya keluar dari keyboard B yang baru saja anda beli.
Contoh lainnya, Anda tidak ingin membeli keyboard baru, hanya saja Anda ingin mempunyai koleksi suara baru dan membeli sebuah sound module. Jadi, Anda bisa mengoneksikan sound module dengan keyboard lama Anda dengan cara keyboard A menjadi master dan sound module menjadi slave.
Dengan demikian, ketika Anda, menekan tuts keyboard A maka sound module akan mengeluarkan suara. Selain mengoneksikan dua perangkat musik digital dengan MIDI untuk bermain live Anda, Anda bisa pula menghubungkan keyboard Anda dengan komputer ditambah bantuan software – software sequencer, Anda bisa menciptakan sebuah komposisi musik dengan MIDI. Kemudian, Anda dapat mendistribusikannya dengan sebuah format SMF *( standart MIDI file ).
Tidak Hanya itu ! Dengan koneksi MIDI dan perangkat komputer ( PC ), Anda dapat mengontrol soft synth. Softsynth adalah sebuah software synthesizer. Dengan demikian, kita bisa mempunyai koleksi sound yang beraneka ragam hanya dengan sebuah PC. Kita tidak perlu sound module baru atau keyboard baru hanya untuk menambah koleksi sound.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar