test.

nonton bareng

METRO TV ONLINE

by desain: joencom

Rabu, 16 Juni 2010

Tentang MIDI Controller

Apa itu Midi Controller?

Ditulis oleh Joencom, 16 Juni 2010 01:00

Midi controller adalah suatu alat yang dapat diintegrasikan dengan midi engine atau software yg lebih dikenal sebagai softsynth (software sythesizer). Cara memainkannya sama seperti memainkan keyboard musik karena midi controller memiliki tuts layaknya keyboard musik. Selain tuts, midi controller juga dilengkapi knop atau fader (slider) yang assignable. Artinya kita bisa merancang sendiri fungsi masing2 knop atau slider. Biasanya knop atau slider ini difungsikan untuk mengatur filter, volume, serta efek2 seperti delay, distortion, flange, phase, dll.

Midi controller pertamaku!
Berawal dari browsing di internet dan baca2 brosur produk serta tutorial video dari youtube, akhirnya timbul keinginan u/ memiliki midi controller. Dimulai dari survey harga di internet sampai merencanakan pengadaan barangnya, akhirnya saya memilih USB Midi Controller Evolution MK461C dari M-Audio seharga Rp.2,6jt (di internet $256). Lumayan lah,untuk harga segitu saya sudah mendapatkan midi controller 5 oktaf dilengkapi 12 knop dan 9 slider yang sangat powerfull. Apalagi midi controller ini mendapatkan power dari PC/Laptop via USB.
Namun sayang, midi controller ini tidak memiliki port Audio Out. Port yang dimiliki oleh midi controller tipe ini adalah USB, MIDI OUT, SUSTAIN, dan DC POWER IN. Intinya midi controller ini tidak bisa standalone, harus ada perangkat lain seperti midi engine atau PC/Laptop dengan softsynth. Meskipun begitu saya cukup puas dengan alat ini karena sangat powerfull dengan semua virtual instrument dan plugin VSTi (Virtual Studio Technology Instruments) yang saya punya.

Kenapa Harus Midi Controller?
Percayalah, tidak akan rugi jika memiliki alat ini ... Kita memiliki banyak variasi sound, effects yang dapat dengan sesuka hati dapat dimanipulasi tanpa tergantung pada suatu software. Saya memiliki koleksi software VSTi dan beberapa plugin. Berikut daftarnya :
. Native Instruments FM8
. Native Instruments B4 II
. Cakewalk Rapture 1.0
. FL Studio Plugin (Sytrus, SimSynth, DX10, WASP, Slayer)
Dan yang paling penting adalah delay ketika menggunakan softsynth ini sangat kecil (kira2 kurang dari 10 ms)

1 komentar: